Minggu, 29 Juli 2012

Proyek filipus I

Hidup yang berharga

Laki-laki separoh baya berjalan perlahan menyusuri gang kecil di sebuah perkampungan. tidak ada yang menarik pada laki-laki itu. secara fisik ia tidak dapat dikategorikan sebagai manusia sempurna. kepalanya gundul dan kulit kepalanya terlihat terkelupas. jalannya terpincang-pincang. wajahnya rusak, selulit menghiasi kulit mukanya. kulit tangan dan kakinya memutih tanda laki-laki itu pernah kena luka bakar. pakaiannya lusuh. sungguh tidak enak dipandang mata. namun ada hal yang menarik. setiap laki-laki ini berpapasan dengan orang lain selalu saja ia disapa. bahkan, tak jarang beberapa orang memberi salam dengan membungkukkan badan. sangat kontras dengan penampilannya. berbanding terbalik. rupanya ada sebuah peristiwa besar terjadi yang mampu membuat orang-orang bersikap seperti itu. peristiwa itu terjadi 8 tahun yang lalu.

sebuah perkampungan padat penduduk mengalami musibah kebakaran yang hebat. Semua orang berlarian histeris menyelamatkan diri. Beberapa orang berusaha menyelamatkan harta benda mereka. Api begitu cepat membesar karena angin kencang yang tidak bersahabat pada waktu itu. " Tolong..... ada bayi di dalam rumah ! " teriakan itu menghentak kerumunan massa. " Ada bayi di dalam rumah....! " Teriakan bersahut-sahutan menggema di sela-sela teriakan histeris massa. Sementara seorang ibu pingsan dipapah beberapa orang. Dia tidak kuasa menatap rumahnya yang dikuasai si jago merah. Sedangkan buah hatinya yang masih berusia 7 bulan terperangkap di dalam rumah dan menangis sekeras-kerasnya.

sebagian besar mata saling bertatapan, tidak ada yang bergerak. Tak ada yang bergeming. Api semakin membesar. Tiba-tiba sekelebat bayangan manusia berlari menerobos jilatan api. Tak diketahui dari mana datangnya orang itu. Jantung semua orang seakan berhenti berdenyut. Siapa orang gila yang berani mempertaruhkan nyawanya ? satu menit, dua menit, tiga menit....lima menit, sepuluh menit berlalu mata semua orang menatap kobaran api sambil berharap " orang gila " tadi berhasil menyelamatkan si bayi. Tiba-tiba dari antara kobaran api sebuah bayangan manusia berjalan terhuyung-huyung. Dalam dekapannya tampak seorang bayi menangis meraung-raung. Dan bruk....! tubuh lunglai itu terjatuh dengan luka bakar di sekujur tubuhnya. sementara bayi itu selamat dengan luka yang tidak terlalu berat.

" Mengapa bapak rela menyelamatkan bayi yang tidak bapak kenal ? " begitu pertanyaan yang diajukan 1 bulan setelah peristiwa menggemparkan itu. "Karena hidup bayi itu sangat berharga bagi sang ibu. " Jawabnya singkat dan pasti. Tak ada kata penyesalan terlontar dari mulutnya.

Tahukah anda bahwa hidup anda sangat berharga ?
Ketika anda mempunyai persoalan TUHAN pasti rela memberi pertolongan. TUHAN pasti datang menyelamatkan anda sebab hidup anda sangat berharga di mata-NYa.

Manusia berharga dan mulia dalam pandangan Allah




Jawablah!
  1. Siapakah yang menciptakan manusia ? ..............................
  2. Allah menciptakan manusia karena manusia sangat berharga bagi Allah. Benar atau salah ? .........................
  3. Apakah hidup anda sangat berharga dalam pandangan Allah ? ............................
  4. Menurut anda jika hidup anda berharga bagi Allah, apakah Allah akan meninggalkan anda jika anda mempunyai persoalan hidup ? .............................
  5. Apakah Allah sangat mengasihi anda ? ............................
  6. Menurut anda apakah Allah pasti rela menolong anda ? ............................
  7. Jika ada persoalan yang datang dalam hidup kita, maka kepada siapakah kita harus mencari pertolongan ? ...................