Minggu, 30 Desember 2012

Memandang Kehidupan dari Sudut Pandang Allah


Apakah arti hidupmu ?
Yakobus 4:14b

Bagaimana anda mendefinisikan kehidupan menentukan masa depan anda. Perspektif anda akan mempengaruhi cara anda memanfaatkan waktu anda, membelanjakan uang anda, menggunakan talenta anda, dan menilai hubungan anda.

Salah satu cara terbaik untuk memahami orang lain adalah menanyakan mereka, " Bagaimana anda memandang kehidupan anda ? " anda akan menemukan bahwa ada banyak jawaban berbeda untuk pertanyaan tersebut sebanyak jumlah orang yang ditanyai. Saya pernah diberi tahu bahwa kehidupan adalah bagaikan sebuah sirkus, sebuah daerah ranjau, sebuah roller coaster, sebuah teka-teki, sebuah simfoni, sebuah perjalanan, dan sebuah tarian. Orang-orang berkata, " Kehidupan bagaikan roda : Kadang-kadang anda di atas, kadang-kadang anda di bawah, dan kadang anda hanya berputar-putar " atau " kehidupan bagaikan sepeda dengan kecepatan 10 km/jam dengan persneling yang tidak pernah kita pakai " atau " kehidupan bagaikan permainan kartu : anda harus memainkan kartu yang dibagikan kepada anda. "

Jika saya bertanya bagaimana anda menggambarkan kehidupan, gambar apa yang muncul di benak anda ? gambar tersebut adalah metafora kehidupan anda. Itulah pandangan tentang kehidupan yang anda pegang secara sadar atau tidak sadar, dalam pikiran anda. Itulah gambaran anda tentang bagaimana kehidupan berjalan dan apa yang anda harapkan dari kehidupan itu. Orang-orang seringkali menunjukkan metafora kehidupan mereka melalui pakaian, perhiasan, mobil, potongan rambut, tempelan stiker di bemper, bahkan tato.

Metafora kehidupan anda yang tidak diucapkan mempengaruhi kehidupan anda lebih dari yang anda sadari. Ini menentukan harapan-harapan anda, nilai-nilai anda, hubungan-hubungan anda, sasaran-sasaran anda, dan prioritas-prioritas anda. Contohnya, jika anda menganggap kehidupan adalah sebuah pesta, nilai utama anda di dalam kehidupan adalah bersenang-senang. Jika anda melihat kehidupan sebagai suatu balapan, anda akan menghargai kecepatan dan mungkin akan seringkali berada dalam ketergesa-gesaan. Jika anda memandang kehidupan sebagai suatu pertandingan lari maraton, anda akan menghargai ketekunan. Jika anda memandang kehidupan sebagai sebuah pertempuran atau permainan, menang akan menjadi sangat penting bagi anda.

Bagaimana pandangan anda tentang kehidupan ? anda mungkin mendasarkan kehidupan anda pada suatu metafora kehidupan yang keliru. Untuk memenuhi tujuan-tujuan Allah sang pencipta anda, anda harus menantang pandangan umum dan menggantikan dengan metafora alkitab tentang kehidupan. Alkitab berkata, " Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. " ( Roma 12:2 )

Alkitab memberikan tiga metafora yang mengajarkan kepada kita pandangan Allah tentang kehidupan :
  1. Kehidupan adalah sebuah Ujian
  2. Kehidupan adalah sebuah Kepercayaan
  3. Kehidupan adalah sebuah Penugasan Sementara